- Back to Home »
- Peluang Bisnis »
- Berbisnis Event Organizer
Posted by : Nuzli Setyawan
Kamis, 05 Maret 2015
Nuzli Setiyawan Amin
14.02.8826
14-D3MI-03
STMIK AMIKOM Yogyakarta
I. ABSTRAK
Di kota-kota besar semakin menjamur para pebisnis-pebisnis Event Organizer. Bagi yang belum tahu, Event Organizer adalah penyedia jasa profesional penyelenggara acara dan populer disebut dengan singkatan EO. Tujuan dari sebuah Event Organizer tentu saja adalah untuk membantu kliennya agar bisa menyelenggarakan acara yang diinginkan tanpa harus menjalankan sendiri.
STMIK AMIKOM Yogyakarta
I. ABSTRAK
Di kota-kota besar semakin menjamur para pebisnis-pebisnis Event Organizer. Bagi yang belum tahu, Event Organizer adalah penyedia jasa profesional penyelenggara acara dan populer disebut dengan singkatan EO. Tujuan dari sebuah Event Organizer tentu saja adalah untuk membantu kliennya agar bisa menyelenggarakan acara yang diinginkan tanpa harus menjalankan sendiri.
Hal ini tentu karena
pihak penyelenggara memiliki keterbatasan sumber daya serta waktu sehingga
mereka harus menggunakan jasa EO. Tetapi saat ini kebanyakan klien beralasan
bahwa dengan menggunakan jasa EO profesional hasilnya lebih bagus
dibandingkan bila dikerjakan sendiri. Mungkin Anda tertarik dengan dunia Event
Organizer? Bisnis ini sepenuhnya menguntungkan bila dikerjakan dengan serius
dan memiliki inovasi yang membuat orang tertarik.
II.
ISI
Jenis Event Organizer
Sebelum Anda membuka
jasa penyelenggara acara sebaiknya Anda harus mengetahui berbagai jenis Event
Organizer. Jasa EO umumnya dikategorikan menjadi beberapa jenis, diantaranya
adalah:
- EO One Stop Service Agency: ini
adalaha jasa EO skala besar yang layak menyelenggarakan acara kelas
internasional.
- EO musik dan entertainment: EO
jenis ini lebih banyak bergerak dibidang hiburan, terutama adalah musik
seperti konser dan kegiatan entertainment lainnya.
- EO Wedding: EO ini cukup banyak
dan tersebar dibanyak tempat, tugasnya adalah membantu acara pesta
pernikahan lebih menarik dan lebih sistematis. Sekain acara pernikahan, EO
semacam ini juga bisa membantu menyelenggarakan pesat ulang tahun.
- EO Brand Activation: EO ini
biasanya memiliki jasa yang lebih spesifik, yakni membantu client guna
mempromosikan sebuah produk dalam rangka peningkatan penjualan atau bisa
juga untuk kegiatan promosi pengenalan merek. EO ini umumnya lebih sering
berinteraksi langsung ke target marketnya.
- EO MICE: EO ini umumnya hanya
khusus bergerak pada bidang penyelenggaraan acara berbentuk pertemuan,
acara formal dan kegiatan yang berhubungan dengan pariwisata.
Bagi Anda yang masih
pemula, mungkin membuka jasa EO Wedding atau EO Musik dan Entertainment cukup
pas. EO ini lebih umum dan tidak membutuhkan banyak sekali crew, yang
terpenting adalah ide, inovasi dan memiliki fasilitas-fasilitan pendukung. Pada
intinya, reputasi bagus sebuah jasa Event Organizer dilihat dari kesuksesan
event atau acara yang dibuat. Jika EO Anda banyak meraih kesuksesan dalam
menyelenggarakan sebuah acara maka akan semakin dipercaya oleh klien guna
menangani berbagai acara lainnya.
Berikut ini adalah
beberapa tips jitu dalam menjalankan bisnis Event Organizer:
1. Miliki Pengalaman
Pengalaman sepertinya
menjadi hal penting untuk menjalankan bisnis Event Organizer. Jadi pada umumnya
orang-orang pemilik jasa EO kebanyakan dahulu pernah bekerja pada perusahaan
EO. Berbekal pengalaman tersebutlah dipastikan Anda akan dapat mengetahui tata
cara, prosedur mengelola suatu kegiatan, mulai dari masalah penyusunan proposal
hingga eksekusi di lapangan. Kami harus mengatakan bahwa sulit menjalankan
bisnis ini tanpa pengalaman.
2. Miliki Ide Kreatif dan Inovasi
Tentu klien tidak
menginginkan acaranya berjalan biasa-biasa saja. Untuk itulah mereka menyewa
jasa EO. Sebuah kewajiban sebuah EO adalah memiliki ide-ide kreatif dan
memiliki inovasi yang benar-benar menghadirkan daya tarik. Sebagai contoh salah
satu ide kreatif EO Wedding adalah mengadakan kegiatan-kegiatan menarik seperti
pemotongan roti besar, melempar bunga, kiss wedding dan ide-idel lain. Jika
Anda memililki ide yang lebih banyak, tentu bisa dia aplikasikan pada acara.
3. Miliki Banyak Relasi
Sebuah perusahaan EO
biasanya memiliki banyak relasi seperti perusahaan, sekolah, maupun intstansi
lain. Dengan semakin banyaknya relasi memungkinkan semakin banyak yang
menggunakan jasa EO Anda. Jangan canggung untuk bergaul dengan orang-orang
kaya, karena pada umumnya pengguna jasa EO adalah kalangan menengah keatas.
4. Miliki Mitra Kerja
Event Organizer bisa
dikatakan adalah tim yang mengerjakan segalanya dalam acara. Perlu banyak crew
dan perlu banyak memiliki mitra kerja. Anda harus bekerja sama dengan ahli dan
pemilik sound system, tata lampu, penggung atau scafholding serta konstruksi
rigging, perlengkapan meja, kursi, partisi, karpet, fotografer, videografer,
alat musik, desainer grafis, penampil acara, MC dan lain sebagainya. Pastikan
mitra kerja Anda memiliki kualitas SDM dan peralatan bagus karena akan
berpengaruh pada reputasi jasa EO Anda.
5. Miliki Tim Solid
Memiliki crew banyak
tidak menjamin acara berhasil dan sukses. Tetapi memiliki crew banyak, tapi
solid dan professional sudah tentu akan sukses. Setiap crew harus mendapat job
description masing-masing, kemudian juga harus melaporkan progresnya
masing-masing. Ingat bahwa sukses atau tidaknya sebuah acara atau event sangat
bergantung sekali dengan kesiapan, koordinasi maupun kerjasama antar teamwork.
6. Pemasaran Online
Strategi marketing yang
harus Anda jalankan adalah melalui internet, memanfaatkan website resmi agar
lebih bonafit. Selain itu juga bisa melalui media sosial.
III.
REFERENSI
Artikel : http://www.ubisnis.com/bisnis-event-organizer-meraih-keuntungan-dari kemeriahan.htmlGambar :http://jakartaevent.co.id/wp-content/uploads/2014/09/ 45239184585def42e5a9696f9fc7c438_eo-medan.png